Selasa, 29 Juli 2014

TAHAPAN DAN LANGKAH-LANGKAH DALAM MENYUSUN SKRIPSI

Banyak mahasiswa yang tidak mengerti bagaimana caranya membuat Skripsi yang baik dan sukses, kebanyakan mahasiswa membuat skripsi asal-asalan tanpa tahu bagaimana menjabarkan isi dan tujuan dibuatnya skripsi tersebut. Sehingga isi skripsi tidak terstruktur dengan benar sehingga mengakibatkan si pembaca skripsi kurang mengerti apa yang diterangkan didalam skripsi tersebut. Kebanyakan mahasiswa cuma menganggap skripsi hanya sebagai syarat kelulusan saja sehingga dalam penyusunannya sering kali asal-asalan, tidak rasional atau tidak nyambung dari bab 1 ke bab lainnya. Memang benar skripsi cuma salah satu syarat untuk mendapatkan gelar kesarjanaan, tetapi kalau cuma dengan alasan demikian maka hasil yang didapatkan (isi skripsi) terkesan "asal beres, asal lengkap, asal lulus, asal dapat acc dosen" sehingga bagi mahasiswa itu sendiri maupun bagi pembacanya nanti tidak mendapatkan ilmu apa-apa ataupun manfaat pengetahuan yang berarti. 

Pembuatan skripsi harus dimulai dengan tujuan yang jelas, apakah skripsi tersebut dibuat dengan tujuan untuk mencari solusi suatu masalah, atau menjawab suatu masalah yang didasarkan atas keingintahuan dan rasa penasaran dari si penulis terhadap suatu fenomena atau masalah. Banyak alasan yang bisa kita uraikan dalam latar belakang pembuatan skripsi dan hendaknya semua alasan itu dibuat dengan rasional didasarkan pada konsep teori dan fakta nyata yang ada di lapangan. Adapun sebagian kecil hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis sebuah skripsi: 
  • Mengerti akan tujuan dibuatnya skripsi tersebut. 
  • Mencari informasi umum mengenai tentang masalah yang akan diteliti, dengan cara membaca berbagai konsep teori baik dari buku, majalah, internet, atau surat kabar. 
  • Mengetahui detail  informasi tentang fakta lapangan yang ada di tempat yang nantinya dijadikan sebagai lokasi penelitian. 
  • Mengetahui Karakter lokasi dan populasi yang akan dijadikan sebagai objek penelitian

0 komentar:

Posting Komentar